Alami Kerugian Besar, Trump Ancam Tarik Mundur AS Dari WTO

Alami Kerugian Besar, Trump Ancam Tarik Mundur AS Dari WTO
Alami Kerugian Besar, Trump Ancam Tarik Mundur AS Dari WTO. Donald Trump, Presiden Amerika Serikat mengancam akan menarik negaranya keluar dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), jika ‘mereka tidak berubah’.

Bulan lalu, Trump mengatakan, Amerika Serikat mengalami kerugian besar lantaran diperlakukan sangat buruk oleh WTO selama bertahun-tahun. Trump menyebutkan, organisasi yang berbasis di Jenewa itu perlu mengubah cara mereka.

Langkah seperti itu dapat merusak salah satu pondasi sistem perdagangan global modern yang diciptakan oleh Amerika Serikat. “Jika mereka tidak berubah, saya akan menarik Amerika Serikat mundur dari WTO,” kata Trump dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg.

Trump mengatakan, perjanjian pembentukan WTO adalah salah satu kesepakatan perdagangan terburuk yang pernah dibuat. Penarikan AS dari WTO secara potensial akan jauh lebih signifikan bagi ekonomi global, daripada perang dagang AS dengan China.

Dalam wawancara di Oval Office, Trump mengatakan, Amerika Serikat jarang memenangkan gugatan di WTO, kecuali tahun lalu. “Pada tahun lalu, kami mulai memenangkan banyak. Anda tahu mengapa? Karena mereka tahu jika tidak, saya akan keluar dari sana,” ujar Trump.

Sementara itu untuk semua keluhan tentang WTO, pemerintah Trump terus mengajukan kasus terhadap anggota lain. Awal pekan ini, AS meluncurkan sebuah kasus terhadap Rusia, terkait beberapa produk yang dianggap ilegal.

Comments

Popular posts from this blog

Melalui Ajang Seni, Ciptakan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Mendikbud: Keteladanan Sangat Penting Dalam Proses Pembelajaran, Tidak Boleh Hilang

Trump Akan Bersabar Hadapi Sikap Kim Jong-un Terkait Denuklirisasi